Tips Hemat Pengeluaran Jelang Hari Rraya Idul Fitri

Tips Hemat Pengeluaran Jelang Hari Rraya Idul Fitri

Sebagai seorang istri sekaligus ibu, mengurus keuangan keluarga merupakan sebuah tanggung jawab yang penuh tantangan. Selama satu bulan, setidaknya bunda harus bisa mengatur uang pengeluaran dan pemasukan. Apalagi sebentar lagi hari Lebaran. Nggak maukan tiba-tiba pengeluaran jadi membengkak. Nah, bunda paham kalau mengatur uang pengeluaran itu nggak mudah, jadi bunda bisa lho ikuti 7 tips berikut ini.

  1. Usahakan masak sendiri
    Mau nggak mau, bunda harus pintar masak nih. Langkah ini bisa bantu bunda untuk kurangi pengeluaran belanja yang membludak. Biasakan belanja setiap seminggu sekali ya Ma. Soalnya kalau bunda langsung belanja untuk satu bulan ke depan, percaya deh nanti ada satu atau dua bahan makanan yang busuk meski sudah ditaruh di kulkas. Dengan begitu, untuk buka puasa dan sahur bebas jajan di luar deh.
  2. Hemat listrik
    Biasanya salah satu pengeluaran bulanan yang paling besar, ada pada tagihan listrik dan air. Gimana nggak mahal Ma, hari gini ‘kan semua barang pasti menggunakan listrik. Kasih tahu anggota keluarga juga ya Ma, setiap kali selesai menggunakan, jangan lupa untuk mencabut kabelnya kembali. Meski nggak digunakan, tapi aliran listrik tetap jalan lho.
  3. Buah hati minta baju lebaran?
    Memang terkadang ada-ada saja permintaan anak. Entah dari kemauannya sendiri, atau pun keperluan untuk sekolahnya. Ditambah sebentar lagi hari raya Idul Fitri segera datang, tandanya harus siap-siap mendengar buah hati merengek ingin baju baru. Kalau urusan yang satu ini, bunda harus bersyukur lho.
  4. Bikin fixed cost untuk setiap bulannya
    Setiap bulan pasti ada kebutuhan prioritas yang nggak bisa diganggu gugat. Misalnya uang belanja, uang sekolah anak, atau pun cicilan rumah. Sebelum awal bulan, agaknya bunda mencatat pemasukan dari uang gajian, dan jangan lupa buat fixed cost-nya. Jadi setiap bunda sudah membayar satu tagihan, tinggal dicoret saja deh. Bantu banget nih Ma! Jangan lupa catat setiap pengeluaran dalam buku keuangan, agar bisa dievaluasi setiap bulannya.
  5. Pikir matang setiap pengeluaran
    Berbelanja selalu menjadi godaan tersendiri bagi setiap wanita. Lihat yang bagus sedikit, tergoda untuk membelinya. Apalagi kalau sudah jalan-jalan ke Mall, tadinya mau beli satu barang, pulang-pulang malah bawa nggak hanya satu barang yang dicari. Nyesel baru dirasakan saat melihat dompet yang ternyata makin tipis. Sebagai pelajaran, bunda harus belajar pikir secara matang sebelum berbelanja suatu barang. Pertimbangkan apakah itu kebutuhan atau keinginan. Apalagi untuk bunda yang baru menikah dan sedang belajar mengatur keuangan keluarga, kadang masih susah mengontrol diri dalam hal berbelanja.
  6. Andalkan transportasi publik dibandingkan kendaraan pribadi
    bunda termasuk orang yang banyak jalan? Kalau selama ini bunda lebih sering menggunakan transportasi online, coba deh sekali-kali bandingkan dengan menggunakan transportasi publik seperti busway, kereta atau pun angkutan umum. bunda pasti bakalan sadar deh, ini jauh lebih murah lho kalau ditotalkan.
  7. Rencanakan liburan dari jauh-jauh hari
    Mau berlibur? Atau mudik untuk lebaran? Usahakan jangan pesan tiket transportasi secara mendadak ya Ma. Semuanya harus direncanakan dari jauh-jauh har. Alasannya cuma satu, harga tiket dan hotel pasti jauh lebih murah. Sesuaikan dengan jadwal keluarga juga, agar tiketnya tidak terbuang sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram