Tips Berbusana di Musim Panas Tetap Syar’i

Tips Berbusana di Musim Panas Tetap Syar’i

Terkadang, cuaca di luar ruangan bisa sangat panas seakan Anda bisa meleleh di bawah teriknya sinar matahari. Berpakaian di cuaca panas memang cukup menantang, terutama jika Anda tidak ingin berkeringat deras tetapi masih tampak modis dan menarik. Anda bisa menyesuaikan pakaian untuk musim panas dengan memilih kain dan bahan yang menjaga kesejukan selagi tetap tampil trendi.

Kenakan pakaian berbahan breathable (beraliran udara lancar) karena tidak mengekang tubuh dan menyebabkan keringat akibat panas. Bahan ini juga bagus untuk membuat Anda merasa sejuk dan tetap tampak rapi, bahkan di hari bercuaca panas. Anda bisa memilih gaun, atasan, dan rok yang terbuat dari katun atau linen. Anda juga bisa mengenakan gaun jersey dengan potongan sederhana untuk dikenakan di hari yang panas.

Walaupun terlihat bagus, bahan-bahan ini tidak breathable. Kain berbahan ini menyebabkan keringat dan menahan bau badan sehingga cuaca panas semakin terasa tidak nyaman. Sebaiknya jauhi pakaian berbahan rayon atau wol karena tidak breathable dan menyebabkan Anda lebih berkeringat dari yang seharusnya di cuaca panas.

Sutra juga kedap air sehingga kain akan terlihat beriak saat dikenakan di hari panas dan berkeringat. Namun, kalau Anda harus tampil rapi untuk suatu acara, sebaiknya pilih sutra dibandingkan kain mengekang lainnya seperti poliester atau nilon.

Ketika memilih pakaian untuk hari panas, sebaiknya pilih kain berwarna cerah. Warna-warna pastel atau cerah di ujung spektrum semacam putih, krem, dan abu-abu merupakan pilihan bagus karena tidak menyerap sinar matahari sebanyak warna gelap.

Jauhi pakaian berwarna gelap atau permata, misalnya zamrud, ungu, atau biru. Anda juga perlu menjauhi pakaian warna hitam karena akan menyerap cahaya dan terasa lebih panas di cuaca terik.

Jauhi pakaian ketat dan pakaian yang mengekang gerakan tubuh di hari yang panas. Aturan umumnya, pakaian longgar lebih sejuk di cuaca panas. Pakaian ini membantu menciptakan lapisan udara antara kulit dan pakaian. Carilah pakaian yang memiliki potongan A-line, dan longgar di lengan, dada, dan pinggang. Pilih atasan yang berpotongan sehingga tidak mengekang perut atau torso. Pakailah rok dan celana pendek yang cukup longgar di pinggang dan kaki.

Apabila ingin tetap berpakaian sopan selagi menjaga kesejukan, Anda bisa tergoda untuk mengenakan pakaian berlapis dan melepaskannya ketika merasa panas. Namun, menambah lapisan pakaian hanya akan menambah urusan selagi menjalani keseharian dan tidak menjaga kesejukan. Lebih baik kenakan pakaian yang tidak perlu dilapis. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot melepaskan lapisan pakaian di sepanjang hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram